RHK Kamis, 20 April 2023: Rabuni, Guru yang Maha Agung

RHK Kamis, 20 April 2023

Rabuni, Guru yang Maha Agung

Yohanes 20:16

Ketika Jepang dibombardir dengan bom atom oleh sekutu yang menghancurluluhkan kota Hiroshima dan Nagasaki, Kaisar negeri Matahari Terbit itu mendatangi kedua kota itu. Kaisar waktu itu adalah Hirohito, yang dikenal sebagai Tenno Heika yang berarti “Yang Mulia Kaisar.” Saat berada di dua lokasi itu, sang kaisar menanyakan 2 hal: Pertama, adakah perempuan yang tersisa? Kedua, adakah guru yang masih hidup?

Perempuan, karena harus melanjutkan keturunan. Sedangkan tentang guru, karena gurulah yang menciptakan dan mempersiapkan masa depan bangsa. Bahwa guru memiliki peran yang sangat penting untuk membangun dan membesarkan bangsa Jepang sehingga bisa meraih kejayaan negeri Sakura itu di masa mendatang. Bahwa gurulah yang sangat dan paling berperan menentukan masa depan bangsa agar bangkit dan meraih kegemilangan lagi.

Yah, guru memiliki peran sangat penting dalam membangun bangsa. Itulah sebabnya guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka memang menjadi pahlawan bangsa, karena perannya mendidik anak bangsa untuk masa depan negara, bahkan gereja. Maria Magdalena menyapa Yesus sebagai Rabuni. Artinya Guru. Dalam bahasa Ibrani, Rabuni dan Rabbi sama artinya guru. Tetapi Rabuni lebih menunjukkan ucapan atau sapaan dengan rasa respek atau rasa hormat dan penghargaan dalam hubungan seseorang dengan Sang Rabuni. Rabuni juga bermakna besar dan maha agung. Jadi sebutan Rabuni adalah ungkapan dan pernyataan kehormatan Atau mengandung makna lebih terhormat karena kapasitasnya sebagai Maha Agung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *