RHK Kamis, 13 April 2023

Jangan Takut, Yesus Sudah Bangkit

Markus 16:6

Penasaran, bingung, takut, gelisah. Perasaan yang campur aduk. Sulit membahasakan perasaan para perempuan yang datang pagi-pagi benar ke kubur Yesus. Mereka bermaksud merempah-rempahi dan meminyaki lagi mayat Yesus yang sangat mereka kasihi. Perlengkapan minyak dan rempah-rempah sudah siap.

Dalam pikiran mereka, semua persiapan itu sepertinya sia-sia saja. Karena mayat Yesus sudah tidak ada lagi. Mereka takut jangan-jangan mayat Yesus dicuri orang. Mereka bingung dan gelisah tidak tahu entah apa yang harus mereka lakukan untuk bisa bertemu mayat Yesus.

Untunglah orang muda berjubah putih yang duduk di dalam kubur Yesus itu segera menyapa dan menguatkan mereka. Sang malaikat itu mengatakan kepada mereka agar tidak perlu takut ataupun gelisah. Karena sesungguhnya Yesus sudah bangkit. Dia telah hidup mengalahkan kuasa dosa. Dia telah mengalahkan maut dan bangkit dari antara orang mati. Dia telah hidup dan karena itu mayat-Nya sudah tidak ada di tempat pembaringan jenazah-Nya.

Mereka kaget. Mereka tidak menyangka kalau Yesus telah bangkit. Tadinya mereka merasa kecewa karena persediaan rempah-rempah dan minyak tidak digunakan untuk mayat Yesus. Ternyata Yesus, tidak lagi mayat. Dia tidak butuh lagi dirempahi dan diminyaki. Tubuh-Nya telah hidup kembali. Semuanya membuktikan bahwa Yesus adalah Tuhan yang berkuasa atas bumi ini dan segala isinya. Dia berkuasa baik di alam kematian maupun di alam kehidupan. Bahkan dari kekal sampai kekal.

Perempuan-perempuan itu, yakni Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus dan Salome antara percaya dan tidak dengan apa yang terjadi. Tetapi mereka sendiri pernah mendengar perkataan Yesus, bahwa Ia memang menderita sengsara dan mati, tetapi pada hari yang ketiga Dia akan bangkit. Ternyata semua yang dikatakan Yesus terjadi dan terbukti. Meskipun Dia Manusia, tetapi hakekat-Nya sebagai Tuhan yang sejati tetap melekat dalam diri-Nya. Jadi kemanusiaan-Nya tidak membatasi kesejatian Yesus sebagai Tuhan.

Mereka sangat antusias mendengar dari malaikat dan menyaksikan peristiwa lewat tanda-tanda kebangkitan Yesus itu. Guru Agung yang mati Itu telah bangkit sesuai perkataan-Nya. Malaikat di kubur itu menjelaskan bahwa Yesus orang Nazaret yang mayat-Nya dicari-cari para perempuan itu, tidak ada lagi di kubur. Tempat pembaringan-Nya sudah kosong. Kematian tidak lagi berkuasa atas diri-Nya sebab Yesus telah bangkit.

Demikian firman Tuhan hari ini.
tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.” (ay 6)

Yesus, Tuhan dan Juruselamat kita telah bangkit dari kematian-Nya. Dia yang mati tergantung disalib dan dikuburkan dalam pekuburan Yusuf Arimatea, telah hidup kembali. Dia menjamin keselamatan kekal dan kehidupan kita di dunia. Keselamatan sudah dikaruniakan-Nya kepada kita gratis, dengan pengorbanan, kesengsaraan dan kematian-Nya disalib dengan hina dina.

Dia mati dalam kehinaan, tapi Dia bangkit dalam kemuliaan. Dia kemudian naik ke sorga menyediakan tempat bagi kita, tapi selanjutnya akan datang kembali menjemput kita. Ketika itu, Dia tidak lagi menyelamatkan tapi menghakimi sesuai perbuatan kita masing-masing.

Jangan takut. Yesus sudah bangkit. Kita telah selamat. Jagalah dan kerjakanlah keselamatan itu. Jangan sia-siakan, dan jangan buang. Sebab jika kita tidak memelihara dan mengerjakan keselamatan itu, kita akan kehilangan keselamatan. Maka kita akan menerima hukuman kekal dari Kristus.

Yesus sudah bangkit, apa yang kita takutkan? Dia telah hidup kembali, apa yang kita kuatirkan? Dia telah memenangkan hidup kita. Jangan takut dengan apapun juga. Takutlah hanya kepada Tuhan. Sebab Tuhan berkuasa atas alam semesta, manusia. Kehidupan di bumi boleh berakhir, tapi kekuasaan Allah kekal selamanya. Tidak akan berakhir. Hanya Dia yang berkuasa. Dia pemilik dan pengendali bumi ini.

Jika kita ingin hidup aman, nyaman, damai, sukacita dan bahagia di bumi dan di sorga, kita harus berpegang pada pengajaran Yesus. Ikuti Dia dengan melakukan firman-Nya. Semua pasti Dia sediakan bagi kita, tepat dan indah pada waktunya. Pasti tidak terlambat. Karena waktu Tuhan pasti yang terbaik bagi kita.

Bersoraklah bagi Dia, masyurkanlah nama-Nya yang tinggi luhur, muliakanlah Dia dalam hidup kita, agungkan dan senangkan Dia dengan mematuhi kehendak-Nya. Maka pastilah kasih karunia-Nya melimpah bagi kita. Amin

Doa: Tuhan Yesus, kebangkitan-Mu telah menjamin kehidupan kami di bumi dan di sorga. Tuntunlah kami untuk terus setia mengerjakan keselamatan dalam hidup kami. Terpujilah nama-Mu selamanya. Amin

Syalom..

Semangat hari Kamis. Kerjakanlah keselamatan dan muliakanlah Dia

Salam sehat..

Tuhan Yesus memberkati bersama keluarga. Amin