JELAJAHSULUT.COM-Kejahteraan masyarakat Talaud terus terjamin dibawa kepemimpinan, Dr dr Elly Engelbert Lasut ME atau biasa di sapa E2L.

Terbukti, kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan di Bumi Porodisa semakin berkualitas.

Baru-baru ini, Bupati yang juga adalah seorang dokter menambah pembangunan Rumah Sakit (RS) yang ada di Mala, Kecamatan Melonguane untuk menuju rumah sakit yang modern.

Dalam sambutannya, E2L mengatakan bahwa hari ini kita melaksanakan pembangunan yang ada di RS Mala dengan anggaran kurang lebih Rp 40 miliar.

“Ini adalah ruang perawatan VVIP atau ruang perawatan yang lebih layak untuk bisa dinikmati oleh warga masyarakat Talaud dan semuanya untuk kesejahteraan masyarakat Talaud,”ucap E2L dalam acara peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit Mala.

Ia mengatakan, rumah sakit ini nantinya akan didorong menjadi rumah sakit Badan Layanan Umum (BLU) dan yang kemudian semua penghasilan rumah sakit ini akan langsung digunakan atau dikekolah oleh rumah sakit itu tanpa disetorkan oke APBD.

E2L mengaku ada lima rumah sakit yang akan dibangun di Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Filipina.

“Rumah sakit Mala, Gemeh, Pratama, Rumah Sehat di Miangas dan pembangunan rumah sakit yang ada di Karatung,”katanya.

Menurutnya, pembangunan RS ini adalah target Pemerintah Daerah jika sudah terbangun akan diarahkan pada pembangunan rumah sakit yang ada di Salibabu.

“Karena tempat-tempat ini menjadi lokasi prioritas yang sangat ideal di Talaud. Nantinya kita akan memiliki enam rumah sakit dan sekerang baru tercapai ada tiga rumah sakit. Kedepan kita akan kembangkan dan merealisasikan pembangunan rumah sakit yang sudah kita targetkan,”ujarnya.

E2L berharap, rumah sakit ini bisa terbangun dengan optimal sehingga mengarahkan rumah sakit ini semakin lama semakin berkualitas.

“Kita tau bersama bahwa pelayanan kesehatan di Talaud salah satu target utama Pemeritah Daerah. Dimana saat ini, Kabupaten Talaud mengalami peningakatan IPM yaitu meningkat diatas 70 point sehingga kita masuk dikategori sebagai Pemerintah Daerah yang memiliki kualitas pendidikan dan kualitas pelayanan kesehatan yang baik,”jelasnya.(vil)