JELAJAHSULUT.COM-James Arthur Kojongian (JAK) resmi lengser dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut.

Pelengseran JAK diumumkan dalam konferensi pers Partai Golkar Sulut Selasa (11/4/2023). Fernando Lamaluta Wakil Ketua I DPD I Partai Golkar Sulut mengatakan bahwa Golkar menarik JAK dari kursi pimpinan dewan.

“Partai Golkar menarik Pak James Arthur Kojongian sebagai wakil ketua DPRD Sulut,” tegas Feryando Lamaluta.

Putusan ini kata dia bukan karena kasus viral sekarang.
“Sejak 6 Maret 2023 kami sudah lakukan rapat pleno dipimpin Ketua DPD Golkar Sulut memutuskan 2 hal penting. 1 melakukan reposisi AKD di DPRD Sulut. Revitalisasi kepengurusan di DPD Sulut,” tandasnya.

Sebelumnya dalam rapat pleno Partai Golkar 6 Maret lalu, Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Christiany Eugenia Paruntu memimpin Rapat Pleno Diperluas, Senin (6/3/2023) siang.

Ada tiga poin penting dalam rapat tersebut, namun yang paling urgent yakni pembicaraan mengenai reposisi besar-besaran alat kelengkapan dewan (AKD) Golkar di DPRD Sulut.

Tetty mengutarakan kepada peserta rapat bahwa sebagai ketua beringin Sulut, dia akan segera merolling kadernya.

“Ketujuh anggota dewan Golkar (di DPRD Sulut) akan direposisi semua, pokoknya semua. Saya perintahkan kepada Ketua Fraksi untuk mengirim laporan hasil kinerja setiap anggota dewan, ” kata dia.

Realisasi reposisi AKD itu harus segera ‘dieksekusi’ paling lambat dalam waktu dekat ini. Supaya semua bisa merasakan untuk duduk dalam posisi tertentu.

Alasan dia karena ada anggota Fraksi Golkar yang sudah lama di jabatan tertentu. “Sebelum berakhir masa jabatannya, paling tidak kita berikan kesempatan kepada yang lain,” Ujar dia.

Dalam Rapat Pleno Diperluas yang berlangsung di Kantor Sekretariat DPD I Partai Golkar Sulut Jalan Martadinata Kelurahan Dendangan Luar, Kecamatan Pal Dia, Kota Manado Tetty Paruntu didampingi Feryando Lamaluta dan Raski Mokodompit sebagai pimpinan rapat.

Sementara itu juga Tetty Paruntu memutuskan untuk menggelar Rakerda DPD II di 15 Kabupaten/Kota se-Sulut.