JELAJAHSULUT.COM-Siapa yang tidak mengenal Christiany Eugenia Paruntu (Tetty Paruntu)? Sosok cerdas dan enerjik ini merupakan perempuan pertama yang menjadi Ketua Golkar Provinsi Sulawesi Utara.

Tetty juga perempuan pertama yang terpilih menjadi Bupati Minahasa Selatan (Minsel) pada Pilkada 2009.

Karena keberhasilannya dalam periode pertama memimpin Minsel, dia kemudian terpilij lagi sebagai bupati dalam pilkada tahun 2015.

Redaksi sudah merangkum seabrek penghargaan yang pernah diraih oleh putri sulung Prof Jopie Paruntu dan Jenny Johana Tumbuan ini.

Selama menjadi orang nomor satu di Minsel dari tahun 2010 hingga 2020, Tetty pernah membawa Kecamatan Modoinding menjadi sentra holtikultura nomor 1 di kawasan Indonesia Timur dan nomor 9 di nusantara.

Jalan Trans Sulawesi yang dulunya sempit, berkat lobi ke pemerintah pusat menjadi dua lajur. Belum lagi tingkat kemiskinan di Minsel yang turun tahun demi tahun dan indeks pembangunan manusia (IPM) yang nilainya meningkat saat itu.

Kabupaten Minsel juga memiliki Jalan Boulevard di Amurang.

Dari segi investasi, sebuah perusahaan gas Indonesia Timur ini juga nyaman berinvestasi di Minsel dengan mendirikan depot gas elpiji di Desa Teep, Kecamatan Tenga.

Penghargaan lain huga berhasil didapat secara personal atau atas nama Kabupaten Minsel 

Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pernah mengganjar Satya Lencana Wira Karya pada awal tahun 2014 lalu bagi putri sulung pasangan Alm Prof Dr Ir Jopie Paruntu dan Jenny Johana Tumbuan.

Tahun 2015, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga menganugerahi Satya Lencana Pembangunan bagi Ketua Golkar Sulut ini. Tetty Paruntu juga mendapat Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Jokowi. 

Bupati wanita pertama Kabupaten Minsel ini pernah diganjar Universal Health Coverage Awards (UHC Award) dari Istana Negara. Ia dinilai berhasil menjamin masyarakatnya untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Kementrian Perhubungan RI juga menganugerahi Kabupaten Minsel award Wahana Tata Nugraha.  

Tahun 2019 lalu, Minsel juga meraih penghargaan Swasti Saba Padapa atau penghargaan “Kabupaten/Kota Sehat” dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Masih banyak lagi prcestasi gemilang yang pernah diraih oleh perempuan murah senyum ini.

Wanita yang pernah dinobatkan sebagai kepala daerah tercantik se-Indonesia itu pernah meraih Kartini Award dan Kompas Gramedia Award

Beikut adalah beberapa penghargaan lainnya yang diterima Christiany Eugenia Paruntu :

:

  • Mendapatkan  Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden RI
  • Meraih penghargaan Best Dressed Woman Indonesia.
  • Meraih penghargaan dari Lions Club International 
  • Dinobatkan sebagai “Ibu Pembangunan Desa” karena peran dan keaktifannya dalam melayani warga masyarakat hingga jauh ke pelosok-pelosok pedesaan. 
  • Mendapat penghargaan Natamukti dari Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro.

 * Meraih enghargaan Swasti Saba Padapa 

 * Minsel Sabet Opini WTP 4 Kali Beruntun

  • Indonesian Top Leader Award (Kartini Award) – Tokoh Indonesia 2016.
  • Kepala Daerah Inovatif 2016 dari Koran SINDO (MNC Group).

*Juara Lomba Menu Sehat Tingkat Nasional yang diraih oleh TP-PKK Kabupaten Minahasa Selatan.

  • Penghargaan Kartini Masa Kini Award 
  • Penghargaan Indonesian Women Inspiring Award
  • Penghargaan “Succesful Use of Social Media For Government Program Campaigns” dari Kompas Gramedia,