MANADO,JELAJAHSULUT.COM-Santini Grup Jakarta kembali melebarkan sayap khususnya dalam bisnis perhotelan. Kali ini Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi daerah ke enam dibangunnya Luwansa Hotel & Convention Center.

Sebelumnya hotel milik Santini Grup berada di di DKI Jakarta (2 hotel), Labuan Bajo, Surabaya dan Bali. Pembangunan Luwansa Hotel & Convention Center Manado sudah dimulai sejak tahun 2019.

Wandi Wanandi Direktur Santini Grup Jakarta sekaligus owner pada peresmian Luwansa Hotel & Convention Center, Rabu (28/4/2021) menceritakan, pada tahun 2018 pihaknya diminta oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk membangun hotel di Kota Manado.

Permintaam tersebut langsung disanggupi. Namun saat itu, kendala yang dihadapi Wandi Wanandi soal lokasinya. Karena tidak gampang apalagi di kota ini lahannya sudah sempit dan banyak hotel.

Luwansa Hotel

Pada akhir tahun 2018 dia melihat lokasi di Jalan Pomorow, Kecamatan Wanea. Prospek di sini sangat bagus karena banyak kantor pemerintahan.

Paling menarik, sebelum ada hotel, lokasi yang ada sekarang dulunya bengkel. Kemudian selama kurang lebih dua tahun ‘disulap’ jadi hotel mewah dan berkelas.

Selain lokasinya strategis, Wandi Wanandi juga melihat pemandangan yang bagus. Karena Gunung Klabat yang ada di Kabupaten Minahasa Utara bisa terlihat dari Jalan Pomorow tepatnya dari lokasi hotel.

“Hotel (di Manado) adalah yang ke-6 di Santini Grup, pertama di Palangkaraya, Labuan Bajo, Bali dan di Jakarta ada dua,” kata dia dalam peresmian Luwansa Hotel & Convention Center, Rabu (28/4/2021).

Kapasitasnya ada 134 kamar dengan berbagai tipe. Sedamgkan kapasitas ballroom sekitar 800 orang dan fasilitas lainnya.

Dia berharap kehadiran hotel ini bisa menambah gairah ekonomi di Sulut. Dia menyebut karyawan ada 130 orang dari berbagai macam latar belakang. “Saya melihat Kota Manado dan Sulut akan bertumbuh pesat,” tandas dia.

Diakhir sambutan Wandi Wanandi mengucapkan terima kasih kepada arsitektur dan seluruh karyawan serta pihak-pihak yang sudah membantu.

Peresmian dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow, unsur Fokopimda Sulut, Sekretaris Kota Manado dan undangan lainnya.