MANADO,JELAJAHSULUT.COM-Wakil Wali Kota Periode 2016-2021 Mor Dominus Bastian memberikan ucapan selamat bagi Andrei Angouw-Richard Sualang.

Mor sapaan pengusaha Kota Manado ini, Senin (10/5/2021) mengatakan dia juga mendunkung pemerintahan Andrei Angouw-Richard Sualang.

“Saat ini kami menuju acara Serah Terima Jabatan Walikota dan Wakil Walikota Manado,” ujar dia.

“Terima kasih atas segala support yang diberikan selama ini. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.
Ayo! Kita dukung pemerintahan yang baru. Tuhan memberkati,” pungkas Mor Bastian.

10 Mei 2021 Kota Manado kembali memasuki babak pemerintahan baru. Kota multietnis yang terletak di Bibir Pasifik ini akan memiliki pemimpin Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang.

Dari sejarah panjang Pemerintahan Kota Manado yang sudah dimulai sejak masa pemerintahan Hindia Belanda, sejak era Kemerdekaan Republik Indonesia, dari Burgemeester/Kepala Distrik hingga Wali Kota/Penjabat/Pelaksana Tugas, Andrei Angouw dan dr Richard Sualang, secara resmi akan memulai tugas sebagai Wali Kota ke-21 dan Wakil Wali Kota ke-5.

Pada beberapa referensi, ditemukan nama Bernard Wilhelm Lapian sebagai Wali Kota atau Burgemeester pertama.

Akan tetapi dari penelusuran dokumen baik pada sumber resmi seperti Majalah Berhikmat terbitan Juli 1995 maupun konfirmasi terhadap Sejarawan Bode Grey Talumewo, Manado terbagi dalam 2 distrik yaitu Manado Utara dan Manado Selatan.

Bernard Wilhelm Lapian sendiri merupakan Kepala Distrik Manado Utara.

Seperti diketahui Andrei Angouw dan Richard Sualang merupakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Terpilih periode 2021-2024. Keduanya berhasil menang pada pesta pilkada serentak 9 Desember 2020 yang diikuti empat pasangan calon.