JELAJAHSULUT.COM, Manado-Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggelar program Entrepreneur Hub (EHub) Tahap I di Universitas Sam Ratulangi, Rabu (22/5/2024).

Kegiatan yang bertujuan melahirkan wirausahawan baru dari kalangan mahasiswa ini menghadirkan Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kemenkop UKM, Irwansyah Putra Panjaitan.

“Kampus adalah pabrik entrepreneur, jadi entrepreneur itu lahir dari kampus. Nah saat sekarang entrepreneur itu semua berbasis riset dan itu dimulai dari hasil riset,” kata dia.

Menurutnya jadi jangan lagi pengusaha itu lahir dari keadaan ekonomi keluarga. Tapi orang mulai ide bisnis itu harus lahir dari hasil riset sehingga validasi ide data bisa dibawa ke inkubator.

“Jadi teman-teman di inkubator lah untuk menginkubasi idenya atau hasil risetnya menjadi sebuah perusahaan. Itu dapat berupa apa saja terutama berbasis teknologi,” kata dia

Karena menurut Irwansyah rohnya entrepreneur adalah inovatif dan sustainable atau berkelanjutan.

Dia mengharapkan EHub dapat terselenggara secara mandiri oleh kampus tentunya dengan modul dan guidance yang mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 2 Tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional .

Sementara itu Kepala Koordinator Pusat Kewirausahaan Unsrat Dr Olivia Nelwan berharap agar program EHub Tahap II dan seterusnya dari Kemekop ini terus berlanjut. Sehingga katanya bisa melahirkan wirausaha-wirausaha muda.

“Untuk Program EHub pertama ini ada 100 mahasiswa Unsrat yang menjadi peserta. Peserta ini berasal dari semua fakultas di kampus kami,” pungkas dia.