JELAJAHSULUT.COM– Politeknik Negeri Manado (Polimdo) masuk dalam 10 besar Politeknik terbaik se-Indonesia versi Webometrics.

Wajib anda tahu bahwa Politeknik merupakan salah satu jenis perguruan tinggi yang lebih mengutamakan pendidikan vokasional, dengan model perkuliahan 70% praktik dan 30% teori, sehingga politeknik tidak menyediakan pendidikan akademik. Bidangnya juga beragam ada teknologi, pertanian, media, tata niaga, dan berbagai bidang lainnya.

Jika politeknik menjadi pilihannya, maka daftar 10 politeknik terbaik di Indonesia versi Webometrics 2024 layak dipertimbangkan untuk jadi pilihan.

Berdasarkan situs pemeringkatan Webometrics tahun 2024, ada sejumlah Politeknik baik negeri maupun swasta di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang masuk dalam daftar 10 politeknik terbaik di Indonesia:

  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur menduduki rangking Nasional 25.
  2. Politeknik Pertanian Negeri Kupang
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menduduki rangking Nasional 136.
  3. Politeknik Negeri Lhokseumawe
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh menduduki rangking Nasional 146.
  4. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur menduduki rangking Nasional 148.
  5. Politeknik Negeri Tanah Laut
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan menduduki rangking Nasional 167.
  6. Politeknik Negeri Banjarmasin
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan menduduki rangking Nasional 171.
  7. Politeknik Negeri Batam
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menduduki rangking Nasional 178.
  8. Politeknik Negeri Manado
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara menduduki rangking Nasional 179.
  9. Politeknik Harapan Bersama
    Perguruan tinggi swasta vokasi yang terdapat di Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah menduduki rangking Nasional 199. Politeknik Harapan Bersama satu-satunya politeknik swasta yang masuk peringkat 10 besar.
  10. Politeknik Negeri Malang
    Perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur menduduki rangking Nasional 203.Sebagai informasi, Webometrics melakukan pemeringkatan dengan tiga indikator penilaian yaitu visibility, openness, dan excellence.

Bobot masing-masing dari indikator tersebut adalah 50%, 10%, dan 40%.

Indikator Visibility menilai web content impact, yaitu dampak dari informasi yang dipublikasikan pada website perguruan tinggi.

Openness menilai jumlah sitasi, menggunakan data yang bersumber dari Google Scholar Profiles, sedangkan Excellence menilai banyaknya karya tulis yang disitasi, menggunakan data yang bersumber dari Scimago