JELAJAHSULUT– Universitas Samratulangi Manado menggelar sidang terbuka senat yang digelar pada Selasa 31 Oktober 2023 bertempat di Auditorium Unsrat.

Sidang terbuka senat Unsrat tersebut dalam rangka pengukuhan 11 Guru Besar Unsrat.

Dalam kegiatan sidang terbuka senat Unsrat, hadir Rektor Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng., IPU ASEAN Eng serta ketua senat Prof. Dr. dr. Barnabas Harold Ralph Kairupan SpKj-K Karkap dan lainnya.

Dari ke-sebelas guru besar yang dikukuhkan, salah satunya adalah sosok Prof. Dr. Ronny Adrie Maramis SH., MH.

Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng IPU ASEAN Eng dalam sambutannya pertama-tama mengajak kepada seluruh hadirin yang hadir untuk mengucap syukur karena ada sebanyak 11 dosen dari berbagai Fakultas yang telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dan dengan penuh kebanggaan, 11 dosen tersebut telah dikukuhkan menjadi guru besar Deng sebutan profesor.

Profesor adalah sebuah jabatan fungsional yang sangat prestisius bagi seorang dosen atau peneliti.

Para Guru Besar ini memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidangnya dan telah memberikan kontribusi signifikan dalam penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki para Guru Besar ini akan membawa banyak manfaat bagi Universitas Unsrat, antaranya memperkaya program studi di berbagai jurusan dan fakultas.

Selain itu, keberadaan Guru Besar ini, kata dia, juga akan berdampak positif pada mahasiswa.

“Dengan adanya Guru Besar akan lebih memperkaya program studi jurusan, bahkan fakultas dan akan banyak mahasiswa yang tamat/lulus dari tangan para profesor ini,” katanya.

Kehadiran para Guru Besar ini juga akan memudahkan segala hal dalam hal pengembangan akademik dan dapat menjadi sumber inspirasi dan pemimpin dalam upaya memajukan universitas ke tingkat yang lebih tinggi.

“Sebagai Rektor saya merasa bangga atas pencapaian ini. Kebahagiaan saya atas dukungan keluarga bagi mereka. Saya juga terus mendorong mereka menjadi tim kesebelasan Unsrat mencapai gol Unggul, Berbudaya, menuju Universitas berkelas Dunia,” pungkasnya.

Adapun prestasi ini merupakan tonggak bersejarah bagi Universitas Unsrat dan merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas akademik dan pengembangan universitas ke tingkat yang lebih tinggi.