JELAJAHSULUT.COM-Sebanyak 154 mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Manado (Polimdo) mengikuti uji kompetensi keahlian teknisi akuntansi madya, Senin (5/6/2023).

Wakil Direktur Bidang Akademik Dr Tinneke Saroinsong SST MEng dalam sambutannya mengatakan semua mahasiswa di Polimdo ini, yang akan menyelesaikan studi, wajib mengikuti uji kompetensi.

Karena mereka akan menerima Ijazah dengan dilampiri sertifikat uji kompetensi sesuai jurusan dan program studi masing-masing.

“Pelaksanaan uji kompetensi ini di maksudkan sebagai sarana untuk mendapatkan bukti-bukti yang valid, berlaku sekarang atau terkini serta otentik, sebagai dasar apakah peserta uji sudah kompeten atau belum kompeten terhadap unit kompetensi yang diujikan,” ujarnya di lantai 3 gedung kuliah terpadu, sebagai tempat uji kompetensi (TUK) di jurusan akuntansi.

Sementara itu Sekretaris Jurusan Akuntansi yang juga adalah ketua panitia pelaksanaan uji kompetensi Jerry Lintong SE MAP dan Antonius Tandi SE Ak MSi CA mengatakan bahwa tujuan dari uji kompetensi ini adalah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik (mahasiswa) setara dengan level 5 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan juga bagian dari pimpinan jurusan dapat melakukan evaluasi proses belajar mengajar.

Ditambahkan Mner Tandi sapaan akrabnya, kegiatan ini dilaksanakan sejak hari ini 5 Juni – 9 Juni 2023. Mahsiswa mendapatkan manfaat berupa sertifikat kompetensi secara nasional dengan logo garuda, sehingga dapat menambah referensi jika mereka mencari pekerjaan di luar.

Hadir dalam pembukaan Uji Kompetensi di Aula Prof. Tenda ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Polimdo Dr Diane Tangian SH M Hum dan Ketua Jurusan Akuntansi Ivoletty Walukow SE MSi.