Diseminasi Kongres Bahasa Indonesia XII yang berlangsung di Hotel Luwansa

JELAJAHSULUT.COM-Dalam rangka menyukseskan Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII di Jakarta 26-29 Oktober 2023, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengundang pers Rabu (31/5/2023).

Undangan tersebut bertema Diseminasi Kongres Bahasa Indonesia XII yang berlangsung di Hotel Luwansa, Jalan Pomorow, Kecamatan Wenang, Kota Manado.

Hadir dalam acara Januar Pribadi MM Kepala Balai Bahasa Sulut, insan pers dan pemerhati Bahasa Indonesia di Sulut.

Pembicara yang dihadirkan yakni Dr Dewi Puspita mewakili Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI.

Dr Dewi Puspita menyampaikan Tema KBI XII Tahun 2023 “Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa” mengandung makna bahwa penguatan literasi baca-tulis perlu ditumbuhkan dari kesadaran tentang kebinekaan yang menjadi fakta keindonesiaan yang meliputi adat istiadat, suku bangsa, bahasa, dan agama.

Subtema: Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah Pewarisan Bahasa Ibu atau Bahasa Daerah di Ranah Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Pendokumentasian Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah. Peran Pemerintah Daerah dan Komunitas dalam Pelestarian Bahasa Daerah Penelitian Mutakhir tentang Bahasa Daerah.

“Rencananya kegiatan KBI di Jakarta akan dihadiri Bapak Presiden Joko Widodo. Pembicara utama dalam Kongres yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Perwakilan UNESCO Stefania Giannini dan pegiat literasi Najwa Shihab,” kata Dr Dewi Puspita.

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Utara, Januar Pribadi mengatakan, KBI kembali diselenggarakan dalam lima tahun sekali dengan tema “Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa” dan slogan “Adibasa, Adiwangsa”.

“KBI sebagai forum tertinggi yang membahas masalah kebahasaan dan kesastraan di Indonesia,” kata Januar.