JELAJAHSULUT.COM-Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) akan dilaksanakan dalam dua gelombang.

Gelombang pertama akan berlangsung mulai tanggal 8 sampai 14 Mei dan gelombang kedua tanggal 22 sampai 28 Mei 2023.

Pembukaan pelatihan Pengawas dan Teknisi UTBK sudah berlangsung Hari Rabu, 3 Mei 2023 bertempat di Gedung UPT TIK Unsrat.

Rektor Prof Dr Ir Oktovian BA Sompie M Eng IPU dalam sambutan melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Ir Grevo S Gerung MSc menekankan kembali bahwa seleksi penerimaan mahasiswa baru Unsrat Tahun Akademik 2023 dilakukan secara obyektif berdasarkan hasil ujian secara murni.

Menurut dia ada perubahan materi tes yang baru yaitu tes potensi skolastik, tes literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tes penalaran matematika. “Tes ini ada penambahan waktu dibanding tes tahun sebelumnya,” kata dia.

Sementara itu di depan peserta pelatihan pengawas dan teknisi, Wakil Rektor II Unsrat Bidang Administrasi Umum Dr Ronny A Maramis SH MH mengingatkan kembali bahwa peneriman mahasiswa baru tahun 2023, tidak ada penerimaan calon mahasiswa titipan.

“Hati- hati dengan adanya oknum penipu atas nama pimpinan Unsrat menawarkan kelulusan masuk Unsrat. Jangan percaya hal tersebut, itu dusta. Jika ada oknum penipu tolong dilaporkan kepada Pimpinan Unsrat, dan akan ditindaklanjuti dengan proses hukum,” pungkas dia.