JELAJAHSULUT.COM-Beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 adalah salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bisa membuat mahasiswa merasakan kuliah di luar negeri.

IISMA bertujuan untuk mendanai mahasiswa sarjana dan program vokasi Indonesia untuk mengikuti program mobilitas di 300 universitas QS terbaik atau 10 universitas terbaik di luar negeri. Program ini membekali keterampilan dan harapannya dapat membantu para mahasiswa penerima beasiswa mampu bersaing di dunia kerja, tidak hanya lingkup nasional, tetapi juga pada tingkat internasional.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kiki Yulianti menyebutkan bahwa, program IISMA merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan memiliki tujuan dengan memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa merasakan atmosfer pembelajaran di berbagai kampus ternama luar negeri selama satu semester. Mahasiswa yang menerima beasiswa IISMA nantinya dapat menempuh masa pembelajaran satu semester di luar negeri pada kampus mitra Kemendikbud yang setara dengan 20 SKS di kampus tempat menempuh pendidikannya.

Sebanyak 1.692 mahasiswa telah terpilih untuk IISMA 2023, termasuk 1.132 mahasiswa sarjana dan 560 mahasiswa program vokasi, polimdo berhasil meloloskan 8 mahasiswa, dengan di dampingi oleh dosen – dosen yang sangat berpengalaman dalam pendampingan mengikuti kompetisi yang begitu ketat.

Mahasiswa terpilih berkesempatan mengikuti mobilitas internasional di universitas terbaik dunia selama satu semester atau 4-6 bulan. Semua biaya ditanggung Kemendikbud. Melalui program IISMA, prestasi semester (SKS) hingga 20 diakui sebagai kredit poin untuk mahasiswa di kampus mereka sendiri. 

Jika tahun 2022 polimdo meloloskan 5 mahasiswa, maka tahun 2023 ini polimdo berhasil meloloskan 8 mahasiswa untuk mengikuti program tersebut yaitu:

Jika tahun 2022 polimdo meloloskan 5 mahasiswa, maka tahun 2023 ini polimdo berhasil meloloskan 8 mahasiswa untuk mengikuti program tersebut yaitu:

1.Elizabeth Titanto
Pariwisata
Phoenix Academy, Australia

2.Tirza Kaunang
Pariwisata
Phoenix Academy, Australia

3.Aditya Mahendra
Pariwisata
Phoenix Academy, Australia 

4.Shania Mailoor
Pariwisata
National Chin-Yi University of Technology, Taiwan

5.Glaudio Lumanauw
Elektro
University Of Strathclyde, UK

6.Andreyna Suwuh
Pariwisata
Dundalk Institute of Technology, Ireland

7.Mariani Tiwow
Administrasi Bisnis
Phoenix Academy, Australia

8.Emmanuel Kalalo
Akuntansi
University of Information, Technology, and  Management in  Rzeszow, Poland

Menurut Direktur Polimdo Dra. Maryke Alelo., MBA, bersyukur dengan hasil yang di capai oleh mahasiswa polimdo karena terjadi peningkatan jumlah yang lolos dalam program unggulan ini, dan berharap mahasiswa polimdo dapat memanfaatkan program ini dengan baik.