JELAJAHSULUT.COM-Satu diantara jurusan di kampus Politeknik Negeri Manado (Polimdo) yang menjadi idola bagi calon mahasiswa dan mahasiswi masa kini yakni Jurusan Administrasi Bisnis (AB).

Di Jurusan AB, Polimdo membuka sejumlah program studi (prodi)  seperti D4 Manajemen Bisnis, D3 Manajemen Pemasaran dan Administrasi Bisnis.

Ketua Jurusan Administrasi Bisnis (AB) Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Juliet Makinggung SE MSi menyatakan AB salah satu kompetensi yang dibutuhkan di era sekarang ini.

Fenomena sekarang ini bermunculan wirausaha-wirausaha muda. Peluang untuk masuk di dunia usaha terbuka lebar.

“Saat ini perkembangan sekarang pasar sudah global. Pasar yang diminati itu tak ada batasan lagi. Bahkan yang membuka itu justru anak-anak muda,” kata Juliet saat ditanya soal peluang jurusan yang dipimpinnya.

Dari segi kompetensi, kata Juliet, mahasiswa itu dilatih wirausahanya, aspek manajerial-nya. Dari segi teknologi anak muda jaman sekarang sangat familiar dengan teknologi.

“Anak muda jaman sekarang memanfaatkan teknologi yang melengkapi pendidikan yang diberikan di kampus, dan itu merupakan kekuatan bagi Mahasiswa,” tuturnya.

Terkait wirausaha yang akan dibiayai oleh pemerintah, Ia mengatakan dari tiga program studi di Jurusan Administrasi Bisnis seperti D4 Manajemen Bisnis, D3 Manajemen Pemasaran dan Administrasi Bisnis, dasarnya wirausaha.

Kata Juliet, Jurusan AB minatnya banyak. Seperti D3 AB di Jawa itu didukung industri. Apalagi industri butuh D3.

“Nah, di Sulut industri tidak banyak, namun lulusan D3 cukup banyak. Ini tantangan bagaimana menciptakan pekerjaan sebagai wirausaha,” tuturnya lagi.

Disisi lain, Juliet menjelaskan lulusan D3 AB Polimdo banyak juga kerja di luar negeri. Lulusan 2019 yang magang di China 6 orang.

Ada yang sudah bekerja di perusahaan internasional di Manila. Sebuah perusahan gabungan Eropa dan China yang buka di Manila.

“Perusahan itu melihat kompetensi mahasiswa yang dimiliki semasa kuliah di Polimdo. Gaji yang ditawarkan cukup tinggi,” bebernya.

“Itu artinya jebolan D3 Administrasi Bisnis punya saya saing juga, kami tak perlu khawatir dengan lulusan anak didik kami,” terang Juliet.