JELAJAHSULUT.COM– Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng. IPU mengajak seluruh komponen Fakultas Pertanian bersama mahasiswa mendukung program pemerintah Provinsi Sulut, Mari Jo Ba Kobong.

Hal tersebut disampaikan Rektor pada pembukaan Dies Natalis Fakultas Pertanian (Faperta) Unsrat, Jumat (14/4/2023) pagi.

“Tema Mari Jo Ba Kobong pada Dies Natalis Faperta mencerminkan suatu ajakan melakukan aksi kreatif inovatif yang langsung menjawab kebutuhan masyarakat khususnya bidang pertanian,” kata rektor.

Berty juga mengajak bersama-sama menyusun strategi dan menetapkan langkah-langkah meningkatkan capaian kinerja institusi terutama mencapai visi ke depan.

“Kita jadikan Unsrat sebagai institusi pendidikan yang Unggul Berbudaya menuju World Class University,” jelas Sompie.

Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut Yeitti F. Roring memberikan apresiasi kepada Fakultas Pertanian yang mengajarkan mahasiswa tentang teknik dan strategi bidang pertanian.

Selain mendapat ilmu pengetahuan yang teoritis, mahasiswa juga dapat pengalaman praktis di lapangan.

”Untuk mahasiswa bangunlah pertanian secara berkelanjutan di Sulut. Lakukan penanaman pohon, mengadakan pelatihan pertanian organik dan memperkenalkan teknologi yang lebih efektif dan efisien,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsrat Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mengatakan, Dies Natalis Ke-63 Fakultas Pertanian ini sebagai bentuk sikap menjaga nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang selama ini harmonis dan saling menopang.

“Teruslah berkontribusi dalam pengembangan Fakultas Pertanian, perkuat ikatan kekeluargaan antara alumni dan Unsrat,” pungkasnya