JELAJAHSULUT.COM-Politeknik Negeri Manado (Polimdo) dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sulawesi Utara memperkuat kerjasama dalam Memorandum Of Understanding (MoU)

MoU itu tentang Penyelenggaraan Computer Based Examination (CBE) Centre IAI di Jurusan Akuntansi Polimdo.

Sejak dinyatakan telah divisitasi oleh asosiasi profesi Ikatan Akuntan Indonesia awal Maret, Polimdo menjadi pusat menyelenggarakan beberapa ujian sertifikasi yang dikeluarkan asosiasi profesi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Seperti diketahui, ujian sertifikasi selama ini diselenggarakan langsung oleh organisasi asosiasi akuntan. Namun karena perguruan tinggi yang telah memiliki unit Computer Based Examination (CBE) – IAI, maka dapat menyelenggarakan ujian sertifikasi di perguruan tinggi masing-masing termasuk Polimdo. Pun bisa juga mengundang dari luar polimdo.

Keberadaan Computer Based Examination (CBE) Center akan sangat menunjang mahasiswa khususnya bagi yang sudah menyelesaikan perkuliahan sebagai Sarjana Terapan Akuntansi.

Hal ini untuk di sertifikasi kompetensi melalui Sertifikasi Akuntan Profesional (Chartered Accountant/CA) sebagai syarat Register Nasional Akuntan (RNA).

Dengan adanya unit Computer Based Examination (CBE) Center, selain menyelenggarakan ujian sertifikasi Akuntan Profesional (Chartered Accountant/CA) juga akan melaksanakan sertifikasi lainnya seperti Ujian Sertifikasi Certified Government Accounting Associate (CGAA), Sertifikasi Certified Government Accounting Expert (CGAE, Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS), Sertifikasi PSAK (CPSAK), Sertifikasi Certificate in Accounting, Finance & Business (CAFB), dan beberapa ujian sertifikasi keahlian khusus lainnya.

Melalui penandatanganan MoA tersebut, Direktur Polimdo Dra Maryke Alelo MBA berharap kerjasama ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pencapaian indikator kinerja utama institusi.

Direktur menyambut dengan gembira kerjasama ini, demikian juga dengan pihak IAI Wilayah Sulawesi Utara DR Hendrik G. Laihat SE AK MSi, CA selaku Ketua IAI Wilayah Sulut

Dalam sambutannya, Ia menyampaikan terima kasih dan selamat kepada pihak Polimdo yang mendapat kesempatan untuk menjadi CBE Centre di Sulut.

Padahal, di Sulut juga ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan Akuntansi dengan lulusan Sarjana Akuntansi juga.

“Melalui kerja sama ini akan makin banyak lulusan sarjana terapan akuntansi untuk mengikuti program sertifikasi Chartered Accountant (CA) dari polimdo dan perguruan tinggi yang ada di Sulut,” ujar salah satu pengurus IAI Wilayah Sulut Wakil Ketua yang juga adalah ketua SPI Polimdo, Jeffry Rengku SE AK MM CA.