RHK Kamis, 9 Maret 2023

Musuhi Kebenaran, Pasti Dihukum

Yesaya 50:9

Nabi Yesaya merupakan hamba Allah yang sangat taat kepada Tuhan, hidup benar menurut segala jalan dan kehendak-Nya, berani menyampaikan suara kenabian tanpa takut dan gentar, mengutamakan Tuhan dalam segala hal serta melayani Dia dengan sungguh, sehingga dipakai Allah secara luar biasa.

Dia tidak mau menyimpang ke kanan atau ke kiri dari jalan Tuhan, yakni kebenaran. Dia menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan kebaikan dengan terus hidup menyenangkan hati Tuhan. Karena itu, dia tidak pernah lepas dari pertolongan dan perlindungan Allah, gunung batu dan kota benteng keselamatan seluruh umat manusia yang percaya pada-Nya.

Dia tidak takut dengan serangan musuh siapapun, dengan cara apapun juga. Karena Tuhan selalu menyertai, menjaga, melindungi dan memenangkan dia dari segala yang jahat, terutama dari serangan musuh. Dia selalu aman dan nyaman dalam kasih Allah. Karena Dia memberlakukan kebenaran Allah dalam hidupnya.

Yesaya sangat yakin bahwa ketika dia hidup benar di hadapan Tuhan, maka hidupnya aman. Kekuatan Tuhan menjaminnya. Kekuasaan serta kasih Allah menaungi orang yang takut akan Dia dan hidup benar. Yesaya memilih hidup benar, sebab Allah terbukti selalu membela dan menolongnya dari rongrongan yang jahat.

Ketika dia hidup benar, dia tidak takut bahaya. Dia merasa sangat nyaman. Sebab tidak ada yang akan menyerang ataupun menyalahkannya jika dia hidup benar. Siapapun tidak dapat mengatakan bahwa kebenaran dalam Tuhan yang dia lakukan adalah salah. Karena musuh yang menyerang dia oleh kebenaran, akan hancur luluh. Sebab yang mereka serang dan salahkan adalah kebenaran. Karena Tuhanlah Sang Kebenaran Itu sendiri.

Orang yang menghakimi kebenaran akan memburuk. Mereka akan membusuk seperti pakaian bekas yang sudah usang, rusak dan tak berguna lagi. Sehingga akan menjadi bahan makanan ngengat saja karena lapuk dan menjadi usang tiada berguna.

Jadi, siapa yang menyerang dan menyalahkan kebenaran Allah, akan dihancurkan dan menjadi makanan ngengat. Mereka menjadi orang-orang yang tidak berguna. Hanya orang benar saja yang akan memiliki hidup dan bisa hidup bersama dengan sesamanya, sehingga bisa tumbuh bersama, hidup bersama dan bersama-sama hidup.

Pertolongan Tuhan akan datang melingkupi dan menudungi kehidupan orang benar. Orang yang menyalahkan dan menyerang orang benar adalah orang bodoh dan itu adalah tindakan bunuh diri. Karena meski mereka kelihatan menang, tapi kemenangan mereka bersifat semu, sebab Tuhan akan segera menghancurkan di bawa kaki-Nya dan menjadikannya makanan ngengat, yakni tidak berguna karena akan menerima penghukuman dari Allah baik di bumi maupun di sorga mulia.

Demikian firman Tuhan hari ini.
“Sesungguhnya, Tuhan ALLAH menolong aku; siapakah yang berani menyatakan aku bersalah? Sesungguhnya, mereka semua akan memburuk seperti pakaian yang sudah usang; ngengat akan memakan mereka.” (ay 9)

Dimakan ngengat yang dimaksudkan di sini adalah, akan hancur hidupnya dan menuai penghukuman yang mengerikan dari Allah sehingga dibuang dari kumpulan orang benar. Itu terjadi bagi mereka yang memusuhi dan menyalahkan kebenaran. Siapa yang memusuhi dan menyalahkan kebenaran akan dihukum Allah, ngengat akan memakannya.

Inilah pesan Yesaya bagi kita di hari ini dalam menjalani kehidupan di zaman now. Yakni bahwa kita jangan menjauhi dan memusuhi atau menyalahkan kebenaran, agar kita tidak dihukum oleh Sang Kebenaran Yang Hidup dan berkuasa sepanjang masa dan sepanjang sejarah. Hormatilah kebenaran dan hiduplah di dalamnya, agar kita tidak terbuang dan menjadi sampah yang tidak berguna malah dihancurkan akibat ketidakbenaran yang kita lakukan.

Pilihlah jalan hidup benar, seperti yang dipraktikkan oleh Yesaya. Itu menghidupkan dan menyamankan serta membahagiakan kita. Siapapun yang menyalahkan kebenaran yang kita lakukan, akan berhadapan dengan Allah. Mereka akan dipermalukan dan hancur dimakan ngengat.

Masakkan tubuh kita yang baik dan mulia ini kita biarkan dimakan ngengat atau hanya menjadi sampah yang tiada berguna? Karena itu, hiduplah dalam kebenaran agar hidup kita bernilai mahal, kita mendapatkan kemuliaan dari Allah, hidup kita bahagia karena dibela dan diberkati Tuhan. Jangan biarkan diri kita dimakan ngengat dan menjadi sia-sia. Tetapi lindungilah dan senangkanlah hidup kita dengan hidup benar, karena pasti Tuhan Yesus yang akan membela dan menjamin kehidupan kita, baik di bumi maupun di sorga.

Jangan musuhi kebenaran, agar kita tidak dihukum Allah. Pakailah hidup kita sebagai senjata kebenaran, bukan senjata kelaliman, sehingga mendatangkan berkat bagi kita dalam segala hal. Amin

Doa: Tuhan Yesus, tuntunlah kami agar selalu hidup benar dan menjauhi kelaliman sehingga kami tidak dihukum, tapi diberkati selamanya bersama keluarga. Amin

Syalom..

Semangat hari Kamis. Lakukan kebenaran, jangan memusuhinya

Salam sehat..

Tuhan Yesus memberkati slalu bersama keluarga. Amin