Rektor Unsrat Prof Berty Sompie bersama Gubernur Olly dalam kunjungan ke Tokyo. (ist)

JELAJAHSULUT.COM– Rektor Unsrat Prof Dr Ir Berty Sompie MEng ikut mendampingi kunjungan kerja Gubernur Sulut Olly Dondokambey ke Jepang, Jumat (3/3/2023).

Rektor Berty Sompie yang pernah sekolah di Jepang akan mengaplikasikan apa yang disampaikan Gubernur Olly bahwa Jepang terkenal dengan kebersihannya.

’’Selaku rektor di Unsrat maka kami pun siap menunjang program gubernur dengan mengajarkan kepada mahasiswa budaya bersih. Kalau lingkungan bersih maka mahasiswa bersama dosen pun sehat dalam belajar dan mengajar,” terang Sompie.

Lanjutnya, kampus yang bersih dan asri juga bisa menarik mahasiswa yang masuk ke Unsrat.

‘’Dan kami bisa berkolaborasi dengan Pemprov dalam menunjang pariwisata. Kami membudayakan mahasiswa untuk tidak membuang sampah dengan sembarangan. Kalau boleh sampahnya dibawah pulang dan dibuang tong sampah,’’ ujarnya.

Untuk menunjang program pemerintah, kata Sompie, semua dosen, pegawai dan mahasiswa harus membantu akan budaya hidup sehat.

Dalam hal ini jangan buang sampah sembarangan. Ini juga salah satu menarima wisatawan Sulut berkunjung ke Sulut. Karena mahasiswa, dosen dan pegawai adalah bagian dari masyarakat Sulut.

’’Kurangi tong-tong sampah, dalam hal ini sampah dibawah pulang masing-masing ke rumah,’’ tutupnya