JELAJAHSULUT.COM-Kampus Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menjadi institusi pendidikan pertama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang mencanangkan Zona Integritas (ZI).

Pencanangan ZI ini untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Sebelum pencanangan kampus mengundang pembicara dari Kementerian Biro Organisasi Tata Kelola Kemendikbudristek untuk sosialisasi ZI kepada seluruh civitas akademika Polimdo, Senin (13/2/2023).

Yudi Pramudianto Koordinator Birokrasi Reformasi Kemenristek Dikbud mengatakan ZI adalah arahan dari Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Presiden RI ingin memastikan semua program pemerintah pusat termasuk ZI dapat berjalan dengan baik. Khusus bagi Polimdo, Yudi Pramudianto mengatakan ZI harus dapat ditrapkan di setiap unit kerja.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Manado Dra Mareyke Alelo mengaku pencanangan ZI merupakan tantangan bagi kampus yang ia pimpin.

Namun walaupun begitu dia bertekad supaya Polimdo bisa menjadi pelopor ZI khusus bagi institusi pendidikan di Provinsi Sulut.

Dia meminta kepada seluruh unit kerja dapat mewujudkan ZI dalam menuju WBK dan WBBM.