JELAJAHSULUT.COM-Dua perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yakni Universitas Sama Ratulangi (Unsrat) Manado dan Binus University sepakat melakukan nota kesepahaman bersama (MoU), Senin (30/1/2023) di Jakarta.

Kesepahaman tersebut dilakukan langsung oleh Rektor Unsrat Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng didampingi oleh Wakil Rektor 2 Dr Ronny Maramis SH, MH dan Wakil Rektor 4 Prof Dr Ir Sangkertadi DEA.

Sedangkan Rektor Binus Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM didampingi Direktur Binus Global Dr Diah Wihardini Med.PhD, dan Dekan Fakultas Teknik Dr Ir Nina Nurdiani ST. MT.

Binus University adalah perguruan tinggi nasional yang menempati peringkat pertama diantara Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, menurut The WUR 2023.

Unsrat berkepentingan melakukan kerjasama dengan Binus University sebagai institusi yang sangat maju dalam pengelolaan pendidikan maupun penelitian, agar kemajuan yang progresif di Binus dapat juga terjadi di Unsrat sebagai PTN yang sudah terakreditasi klasifikasi Unggul oleh BAN PT.

Ruang lingkup kerjasama meliputi bidang bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat serta implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Instruksi dari Rektor Unsrat, bahwa setelah MoU ini ditandatangani maka segera harus dilanjutkan dengan implementasi teknis kerjasama antar Fakultas atau Lembaga di Binus dan Unsrat.

Pihak Binus menawarkan antara lain, penyelenggaraan kerjasama Seminar Internasional sebagai Host dan Co-Host, atau Faculty Mobility, atau bentuk lainnya yang akan disepakati. Saat ini Binus juga sedang mengembangkan fokus pembelajaran dan penelitian di bidang Bio Informatics yang mungkin bisa di kerjasamakan dengan Pihak Unsrat pada Fakultas Kedokteran atau Informatika.