JELAJAHSULUT.COM– Politeknik Negeri Manado (Polimdo) mendapatkan kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Jumat 7 Januari 2023.

Kunjungan yang tidak diagendakan sebelumnya ini terjadi di sela – sela kehadiran Menteri Nadiem Makarim bersama para pejabat kementerian pada Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru Korpri Kemendikbudristek di Universitas Negeri Manado (Unima).

Meski demikian, Dra Direktur Polimdo Mareyke Alelo MBA menyambut dengan sangat antusias karena kedatangan beberapa pejabat kementerian.

Biasanya penyambutan dilakukan secara formil di ruangan tertutup seperti ruang Theater Polimdo, tapi kali ini karena di sambut di cafe lantai 1 Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Polimdo dengan konsep entertainment cafe.

Kunjungan itu diselingi diskusi serta diselipkan solo song dari masing-masing tamu. Tak ayal, suasana yang nyaman dan enjoy tercipta.

Direktur Alelo pun memperkenalkan cafe polimdo sebagai teaching factory jurusan pariwisata dan dibuka juga untuk umum.

“Cafe ini juga pada saat sepak bola Piala Dunia dijadikan sebagai tempat Nobar (nonton bareng) masyarakat kampus dan sekitarnya,” ujarnya.

Pejabat Kemendikbudristek yaitu Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi DR Hendri Togar Hasiholan Tambunan SE MA dan Inspektur Investigasi Inspektorat Jenderal Lindung Saut Maruli Sirait SE MM.

Direktur menyebutkan tentang progres program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Polimdo, beberapa diantaranya program ISMAVO dimana 5 mahasiswa ikut dalam program tersebut di Kampus Luar Negeri.

Demikian juga Kerja sama – kerjasa sama dengan pemerintah daerah untk memanfaatkan hasil hasil riset dan keahlian staff polimdo, termasuk juga pembukaan beberapa prodi baru yang di butuhkan industri seperti Mekatronika kerjasama dengan Renewable Energy Skills Development (RESD) Swiss serta program Vocational University Leaders Internship Programme dari 6 Dosen ke Kampus-kampus international.

Sementara Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi DR Hendri Togar Hasiholan Tambunan SE MA mengaku baru kali ini datang di Kampus Polimdo.

“Terbayang di pikiran saya bahwa kampus polimdo itu pasti sama penataannya dengan kampus politeknik pada umumnya. Tapi ternyata pikiran saya keliru, karena saat masuk kampus ini sangat terasa keasrian dan kenyamanannya sangat berbeda,” kata dia.

Ia memberi apresiasi kepada Direktur Mareyke Alelo yang boleh membuat kampus Polimdo begitu asri dan nyaman, sehingga membuat mahasiswa akan merasa nyaman dan bangga dengan kampus tempat mereka berkuliah.

“Pendidikan Vokasi saat ini menjadi salah satu program unggulan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan SDM bidang Vokasi,” ujar Tambunan.

Senada juga disampaikan Inspektur Investigasi Inspektorat Jenderal Lindung Saut Maruli Sirait SE MM.

“Biasanya fasilitas kampus jika sudah melewati beberapa tahun sudah tidak terawat lagi, tapi di kampus polimdo ibu direktur benar – benar bisa menata dan mengelola dengan baik fasilitasnya, sehingga kampus ini menjadi enak di pandang dan berbeda dengan kampus lainnya.

“Sekalipun para pimpinannya didominasi perempuan, tapi Polimdo mampu menunjukkan pengelolaan dan penataan yang nyaman dan asri,” ujarnya.

Pada penyambutan tersebut, Direktur Mareyke Alelo didampingi Wadir Bidang Akademik DR Tinneke Saroinsong SST M.Eng, Wadir Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Susi Marentek SE MAk, Wadir Bidang Kemahasiswaan Selvie Kalelena SE MSi.

Tak ketinggalan juga para Ketua dan Sekretaris Jurusan, Kepala Bagian Perencanaan, Koordinator Humas dan Kerja Sama serta ketua SPI.