JELAJAHSULUT.COM-Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat baru-baru ini.

Kali ini Tim PKM Unsrat melalui Dosen Yantje Uhing SE MS turun di Desa Paslaten Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa.

Dikatakannya, Jumat (18/11/2022) kontribusi sebagai masyarakat mitra dalam hal ini, Kelompok Usaha Budidaya Ikan Mujair Masyarakat Desa Paslaten Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa.

Dalamkegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat, yaitu terlibat sebagai mitra peserta pelatihan perhitungan modal kerja dan keuntungan usaha.

“Partisipasi mereka dalam bentuk kehadiran dalam berbagai tatap muka dengan tim, termasuk saat pelatihan mereka dapat memberikan informasi terkait usaha mereka. Selain itu, mereka yang telah mengikuti kegiatan pelatihan ini dapat memberikan penjelasan kembali kepada masyarakat lainnya yang juga memiliki usaha,” ujarnya.

Inti dari partisipasi mereka dalam bentuk informasi terkait perhitungan modal kerja dan perhitungan keuntungan usaha.
Masyarakat pemilik usaha mendapatkan manfaat dalam kegaitan pelatihan ini dalam bentuk pemahaman mengenai perhitungan modal kerja dan perhitungan keuntungan usaha.

Demikian pula masyarakat lainnya mereka mendapatkan manfaat secara tidak langsung melalui para peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini.

Sehingga pada akhirnya masyarakat memiliki kemampuan untuk menghitung modal kerja dan menghitung keuntungan penjualan usaha, yang dapat meminimalkan potensi kerugian dari usaha yang mereka jalankan.

“Untuk kegiatan PKM ini sudah dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2022 lalu,” pungkasnya.