JELAJAHSULUT.COM-Duta Pancasila Paskibraka Indonesia menjadi Pembicara (DPPI) Sulut hadir untuk menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Badan Kesbangpol se-Sulut.

Turut hadir dalam kegiatan di Ruang Rapat FJ Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Jalan 17 Agustus Kecamatan Wanea, Kota Manado yaitu kepala-kepala badan/perwakilan Kesbangpol di 15 kabupaten/kota, Jumat (11/11/2022).

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Steven Liow.

Ketua DPPI SULUT Sterry Andih SH MH melalui Wakil Ketua 1 Lessya F Tewu SIK menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Gubernur Olly Dondokambey SE melalui SK Gubernur Sulut No. 233 Tahun 2022 yang telah mempercayakan pihaknya sebagai Pelaksana/Pengurus DPPI SULUT Periode 2022 – 2026.

Ini sebagai tindak lanjut dari Perpres 51 Tahun 2022 dan PerBPIP 3 Tahun 2022.

“Terima kasih pula kepada Kaban Kesbangpolda Sulut Bapak Fery R. J. Sangian SSos MAP telah banyak membantu berkontribusi untuk DPPI Sulut. Temasuk memberikan kepercayaan kepada kami sebagai salah satu Pembicara Rakorev ini,” kata dia.

Lessya megatakan bahwa DPPI Sulut sudah terbentuk sejak 9 November 2021 melalu SK Gubernur Sulut No 362 Tahun 2021 sebagaimana amanat Perpres 13 Tahun 2021 dan PerBPIP 1 Tahun 2021,” ujar dia.

Sulut adalah pertama dan satu-satunya Provinsi se-Indonesia yang melaksanakan Perpres 13 Tahun 2021 dan PerBPIP 1 Tahun 2021. Hal ini juga ditindaklanjuti puka oleh Kabupatrb Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolsel, Kota Manado dan Kabupaten Minahasa.

Tewu juga mengatakan bahwa salam Perpres 51 Tahun 2022 dan PerBPIP 3 Tahun 2022 juga mengamanatkan Pelaksanaan Pembentukan Paskibraka mulai Tahun 2023 baik Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota akan dilaksanakan oleh Kesbangpol dan DPPI dimana Sekda Provinsi dan Sekda Kabupaten/Kota sebagai Ketua Panitia Pembentukan Paskibraka (Seleksi dan Diklat Paskibraka) di daerah masing-masing.

“Dan untuk Provinsi Sulut kami dapat informasi tahun depan anggaran Pembentukan Paskibraka Tahun 2023 sudah di Kesbangpol SULUT begitu juga beberapa Kabupaten/Kota se-Sulut,” tambah dia.

Menyikapi hal ini, maka dalam waktu dekat ini, DPPI Sulut akan segera merealisasikan Pembentukan DPPI di Kabupaten/Kota yang belum terbentuk.

Sekretaris DPPI Sulut Machel R Singkoh AMKL SE mengatakan pihaknya menyampaikan sekali lagi bersyukur kepada Tuhan atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulut kepada DPPI Sulut.

“Kami tentunya akan berusaha sebaik mungkin untuk tidak mengecewakan kepercayaan ini. Dan sebagaimana arahan dari Gubernur Bapak Olly Dondokambey SE melalui Wakil Gubernur SULUT Bapak Drs. Steven OE Kandouw pada Rapat Bersama dengan DPPI SULUT pada tanggal 2 Agustus 2022 di Ruang Kerja Wakil Gubernur Sulut,” kata dia.

Dalam rapat itu kata Singkoh turut dihadiri oleh Sekprov Sulut Dr. Praseno Hadi, Kaban Kesbangpol Fery Sangian, Mejelis Pertimbangan Rio Dondokambey BS, Dr Lynda Watania dan Dr Hendrik Manossoh.

“DPPI Sulut dgn segala kemampuan yang kami miliki, kami siap melaksanakan kepercayaan ini khususnya tugas Membumikan Pancasila sebagaimana instruksi dari Ketua Dewan Pengarah BPIP Ibu Prof. Dr. Hj. Megawati Soekarnoputri (Purna Paskibraka Tahun 1964 / Nasional), melalui Purnapskibraka Duta Pancasila dan DPPI SULUT dibawah kepemimpinan Sterry F. Andih, SH, MH. siap segera membentuk seluruh Kepengurusan DPPI se-SULUT dalam waktu dekat ini.
Salam Pancasila!,” pungkasnya.