JELAJAHSULUT.COM-Sangat membanggakan bagi seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Manado.

Pasalnya salah satu dosen terbaik mereka yakni Yollanda Lagarens SS MHum mendapatkan beasiswa Australia Awards Indonesia (AAI) dari Pemerintah Australia.

AAI adalah prakarsa pemerintah Australia untuk menyediakan beasiswa bagi program long term course (beasiswa Pasca Sarjana) dan short term course (kursus intensif bidang khusus) yang telah diselenggarakan lebih dari 60 tahun.

Tujuan Australia Awards di Indonesia adalah untuk memperkuat pembangunan Indonesia melalui sumbangsih dari profesional dengan kualifikasi internasional dan memiliki hubungan yang positif dan kuat dengan Australia. Tahun 2022 kembali lagi AAI merekrut para profesional dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kursus intensif selama 2 minggu di Griffith University, Gold Coast, Queensland khusus bidang Manajemen Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism Management).

Mengutip dari laman AAI Tujuan dari “short course” atau studi singkat pariwisata ini adalah untuk membentuk lingkungan yang dapat mendukung bidang pariwisata secara berkelanjutan. Selain itu diharapkan dapat mengembangkan hubungan antara pemangku kepentingan pariwisata.

Para pelamar yang yang mendapat prioritas kali ini adalah yang berasal dari daerah KEK Pariwisata yaitu Labuan Bajo, Sumatera Utara, Likupang, dan juga dari daerah Indonesia bagian Timur lainnya. Dari sekitar 360-an pelamar, telah direkrut 25 orang dari seluruh Indonesia untuk mengikuti program ini.

Koordinator Humas Polimdo Stevi Kaligis mengatakan Yollanda Lagarens merupakan staf pengajar di Politeknik Negeri Manado dan juga seorang warga masyarakat Likupang.

“Beliau juga merupakan salah satu PIC dalam program kolaborasi antara pemerintah Inggri yaitu Internasional Labour Organization (ILO), dan Politeknik Negeri Manado untuk mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat maritim di Minahasa Utara, dan juga sebagai PIC kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dengan Politeknik Negeri Manado,” kata dia.

Pre-course program ini telah dilaksanakan di Lombok, NTT pada bulan Agustus kemudian dilanjutkan dengan short course di Cairns, Gold Coast,dan Sydney pada tanggal 7-23 Oktober dan nantinya post course akan dilaksanakan di Makassar pada bulan Januari.