JELAJAHSULUT.COM-Patut membanggakan. Politeknik Negeri Manado mendapatkan kesempatan istimewa menggelar iven internasional untuk pertama kalinya di Indonesia.

Iven bertajuk International Business Administration Competition (IBAC) ini akan berlangsung selama selama empat hari yakni dari tanggal 11 sampai 14 Oktober 2022.

IBAC Pertama itu juga satu rangkaian dengan BAC Kedelapan

Sesuai rencana IBAC dan BAC akan melombakan 9 jenis lomba yakni Typing Speed Competition, Secretarial Competition, Filling Competition, Web Design Competition, Meeting Planning Competition. Kemudian Master Ceremony Competition, Business Presentation Competition, Business Data Processing Competition dan Business Plan Competition.

Pesertanya adalah 45 politenkik se-Indonesia dan juga dari politeknik di kawasan Asia Tenggara. Untuk peserta dari ASEAN akan datang dari Singapura dan Malaysia.

Ketua Panitia Dr Jeaneta Rumerung SE, MSi, mengatakan pihaknya juga mengundang Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Negeri Manado untuk ikut lomba khusus Business Plan Competition.

Acara pembukaan akan berlangsung tanggal 11 Oktober di Hotel Aryaduta Manado. Seluruh kegiatan lomba akan berlangsung penuh tanggal 12 Oktober.

“Tanggal 13 Oktober semua peserta akan mendapatkan kesempatan menjelajahi kawasan wisata di Kota Tomohon. Selanjutnya penutupan acara tanggal 14 Oktober di Aula Serbaguna Pemkot Manado,” ujar dosen Administrasi Bisnis Politeknik Manado ini.

Tujuan dari iven ini yakni untuk menjalin tali silaturahmi antar politeknik se-Indonesia dan juga pendidikan vokasi yang sejenis dengan politeknik.

Jeaneta Rumerung berharap kegiatan ini akan meningkatkan kompetensi dan daya saing bagi mahasiswa.

“Untuk pendaftaran sebesar 3,5 juta rupiah untuk setiap peserta dan dosen pendamping,” pungkasnya.