JELAJAHSULUT.COM- Politeknik Negeri Manado tidak hanya fokus meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen, tapi juga berperan aktif mengabdi kepada masyarakat.

Bentuk pengabdian diterapkan Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado lewat kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat – Mahasiswa (PPM-M) di Desa Wasian, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. 

PPM-M Jurusan Teknik Mesin ini digelar dalam bentuk Pelatihan Pengelasan untuk Kelompok Karang Taruna dan Maintenance – Repair Kendaraan Bermotor.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Manado, Dr Tineke Saroinsong

Saroinsong menyampaikan kegiatan  ini merupakan salah satu tugas pokok dosen, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Pengabdian yang dilakukan adalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum.

Anggota Rim dalam kegiatan ini, Meidy Kawulur, mengatakan kegiatan yang dilakukan bersama mahasiswa berupa pelatihan pengelasan dengan dibuatnya alat destilasi minyak atsiri berbahan baku sereh wangi, dan perawatan serta perbaikan sepeda motor, sangat membantu masyarakat setempat.

“Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk membantu masyarakat setempat lebih khusus pada kelompok tani dan kelompok karang taruna agar terjadi peningkatan sumber daya manusia yang siap pakai dan juga dengan dilakuan maintenance and repair pada kendaraan bermotor roda dua dapat membantu khusus bagi kendaraan yang digunakan untuk mengojek lebih terawat kendaraannya,” kata Meidy Kawulur.

Kegiatan PKM ini disaksikan oleh Camat Dimembe, Ansye Dengah dan Hukum Tua Desa Wasian, Rudi Kolondam.