JELAJAHSULUT.COM-Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kini membuka program studi baru yakni Teknik Mekatronika.

Jurusan Teknik Rekayasa Mekatronika sudah dibuka untuk jenjang Sarjana Terapan (D4).

“Kita juga punya Program Studi baru Mekatronika,” kata Koordinator Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika, Alfred Mekel SST, MT, Senin (5/9/2022).

Dibukanya Prodi baru ini karena memiliki peluang untuk turut berkontribusi pada era revolusi industry 4.0.

Pasalnya, Revolusi industri 4.0 adalah era perubahan yang menekankan pentingnya digitalisasi dan perpaduan teknologi dalam peradaban manusia.

Seperti dilansir detikcom, Secara keilmuan, Teknik Mekatronika berkembang dalam bidang precision engineering, yaitu cabang yang menitik beratkan pada ketelitian, contohnya peralatan optik.

Ilmu Teknik Mekatronika kemudian terus berkembang dan ilmu ini juga menjalar ke mesin-mesin yang lebih kompleks.

Hal yang Dipelajari di Teknik Mekatronika adalah Sistem kontrol (signal and system), Sensor akuatur (sensor and actuators), Konsep mekanikal (physical system modelling), Perangkat lunak dan akuisisi data (software and data acquisition) dan Komputer dan sistem logika (computer and logic system).

Mengenai Peluang Karier Lulusan Teknik Mekatronika yakni Desainer robot, Programmer, Teknisi, Manager project, production and engineering

Lulusan Teknik Mekatronika juga dapat bekerja di lembaga perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga pemerintahan, dan menjadi wirausaha