Bacaan: Ibrani 13:18 -19

Saudara-saudara yang diberkati Tuhan. Doa adalah nafas kehidupan orang percaya. Doa adalah sarana komunikasi manusia dengan Tuhan. Doa bisa rnerubah segala-galanya. Bagi orang yang percaya kepada Tuhan, maka doa adalah sarana untuk menyampaikan syukur dan permohonan. Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (Yak 5 : 16 b).

Berangkat dari keyakinan bahwa doa orang benar besar kuasanya, maka penulis Surat Ibrani meminta agar para pembaca suratnya senantiasa mendoakan mereka dalam pekerjaan pelayanan. Penulis Ibrani berkeyakinan bahwa setelah mereka mernbaca surat yang dikirimnya, mereka bukan hanya membaca, tetapi mau melakukannya sehingga mereka dipandang oleh penulis Surat Ibrani sebagai orang yang baik dan benar di mata Tuhan. Jika para pembaca adalah orang yang benar di mata Tuhan, maka setiap pokok doa yang mereka sampaikan kepada Tuhan, bukan hanya didengar Tuhan, tapi Tuhan akan rnenjawab. Mengharapkan pertolongan Tuhan dalam doa sudah menjadi pengalaman hidup dari Penulis Surat Ibrani, hal ini juga dibuktikan dengan keyakinannya yang ditulis pada pasal 13:6, “Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?” Keyakinan ini juga yang kiranya menjadi bagian dari penerima surat Ibrani ini, bahwa ketika mereka berdoa, mereka pasti akan mendapat kekuatan dari Tuhan ketika menghadapi berbagai tantangan dan pergumulan bahkan penganiayaan. Mereka akan tetap kuat dan setia di dalam Tuhan.

Ketuarga Kristen yang dikasihi Tuhan. Saling mendoakan adalah suatu hal yang sangat penting dilakukan oleh orang percaya. Kita berdoa bukan karena kemauan kita sendiri tapi kita berdoa oleh karena kehendak atau kemauan Allah. Jika kita menyerahkan diri kita kepada Tuhan, maka kita pasti dikendalikan oleh Tuhan. Jika Tuhan yang rnengendalikan kita, maka pasti kita sanggup dan mampu untuk mendoakan siapapun orang itu, termasuk juga kepada mereka yang melakukan kejahatan kepada kita. Saudarasaudara, jadikanlah doa sebagai suatu kebiasaan, sebagai kegiatan rutinitas sehingga setiap saat dan waktu kita punya hubungan intim bersama Tuhan. Arnin.

Doa: Ya Tuhan, pakailah kami sebagai alat untuk mendoakan orang -orang yang berada di sekitar kami maupun yang jauh. Jadikaniah kami sebagai pendoa syafaat yang baik. Amin