JELAJAHSULUT.Com- Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pulau Bunaken Kota Manado sangat berharap pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) sesering mungkin menggelar Festival Bunaken.

Pasalnya giat pariwisata Festival Bunaken yang digagas Dinas Pariwisata Sulut menjadi semangat baru pulihnya ekonomi di tingkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bunaken yang sempat sunyi karena tak ada kunjungan para pelancong, akibat pandemi Covid-19, kini mulai bergairah.

Mengusung potensi keindahan alam Taman Laut Nasional Bunaken, kegiatan yang digelar pada 27-28 November 2021 tersebut berhasil membuka tabir sukacita para pedagang lapak yang ada di kawasan.

Hal itu terlihat dari aktivitas pedagang yang sibuk melayani wisatawan yang hadir khusus mengikuti event Festival Bunaken.

Corrie, salah satu warga yang juga pemilik home stay mengaku antusias menyambut event yang digelar Disparda Provinsi Sulut.

Menurutnya, hampir dua tahun pelaku UMKM tak bisa berbuat banyak dengan kondisi yang ada.

“Dengan adanya kegiatan Festival Bunaken dagangan kami jadi laris manis. Begitu juga dengan pengunjung yang datang menginap, home stay kita jadi penuh,” ucapnya dengan wajah sumringah.

Corrie dan pelaku ekonomi di kawasan Bunaken berharap gagasan dan ide kegiatan yang sama dapat dilakukan sesering mungkin.