JELAJAHSULUT.COM-TNI Angkatan Darat membangun pompa air di lapangan tembak Aermadidi, Kelurahan Aermadidi atas, Kecamatan Aermadidi, Kabupaten Minahasa Utara,Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Pompa air ini sebagai bagian dari inisiatif TNI-AD dalam rangka memberikan solusi untuk mengatasi keterbatasan akses air bersih. Program penyediaan air bersih melalui pemasangan pompa hydraulic ram pump (hidram), sumur bor, serta penyaluran air secara gravitasi/nonlistrik.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh dan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis kemudian melakukan peninjauan pembuatan pompa air tersebut

Dalam pemaparan seorang anggota TNI AD cara kerja yaitu sumber air dibendung kemudian dikumpulkan di bak retensi. Setelah itu, air dialirkan menggunakan energi kinetik dengan memanfaatkan sudut elevasi ke bawah untuk kemudian diterima Pompa Hidram. 

Setelah itu, Pompa Hidram akan mendorong air ke atas untuk kemudian dimasukkan ke bak reservoir primer lalu ke reservoir sekunder untuk kemudian dialirkan ke rumah-rumah penduduk. Karena menggunakan energi kinetik, Pompa Hidram ini dapat dioperasikan tanpa listrik.

Saat ditemui awak media Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis mengatakan, kedepan adanya pompa hidram ini akan bisa membantu petani masalah irigasi dan salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menanggulangi permasalahan kekurangan air bersih di wilayah perdesaan.

“Dengan tidak lagi mengharapkan lahan tadah hujan, tapi dengan pompa hidram ini akan sangat membantu sekali nantinya untuk pertanian khususnya di pedesaan “kata Danrem 131/Santiago

Selain itu,lanjut Jenderal bintang satu ini mengatakan, dirinya sangat  bersyukur telah mengerjakan sesuatu, yang akan implementasikan langsung, seperti pembangunan pompa hidram ini, dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang kekurangan air untuk kebutuhan sehari-harinya.

‘Program pompa hidram ini sebagai salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menanggulangi permasalahan kekurangan air bersih di wilayah perdesaan” tambahnya