JELAJAHSULUT.COM-Tiga bakal calon Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) yakni Dra Maryke Alelo MBA, Dr Tineke Saroinsong SST MEng dan Dr Bernadain Polii MP melangkah ke babak kedua.

Ketiga nama tersebut sudah dijaring oleh panitia pemilihan untuk masuk ke tahapan pemilihan pada 19 Agustus 2024.

Proses pemilihan bakal calon Direktur Polimdo dimulai sejak masa penjaringan pada 19 April hingga 12 Juli 2024 lalu.

Pada tahapan ini berhasil terjaring 6 bakal calon direktur yaitu Dra Maryke Alelo MBA, Prof Dr Debby Wilar ST MEng Sc, Dr Hedy Rumambi MM Ak CA CSRS, Dr Tineke Saroinsong SST MEng, Dr Bernadain Polii MP dan Ivoletti Walukow SE MSi.

Setelah itu, dilakukan pemilihan tahap pertama (tahap penyaringan) pada Senin (12/08/2024), di Gedung Direktorat Polimdo.

Dari pemilihan tahap pertama yang diikuti enam bacalon ditetapkan tiga nama yang berhasil melangkah ke babak kedua pemilihan yang akan dipilih langsung Senat Polimdo bersama perwakilan pejabat dari Kemendikbud Ristek.

Dari 24 anggota senat yang turut serta dalam pemilihan, Dra Maryke Alelo MBA memperoleh dukungan terbanyak 16 suara, diikuti Dr Tineke Saroinsong SST MEng 5 suara, dan Dr Bernadain Polii MP tidak memiliki suara.

Sedangkan 3 suara memilih abstein. Kemudian tahap kedua akan dilaksanakan pada 26-28 Agustus 2024 dengan melibatkan suara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan porsi suara 35 persen ditambah suara Senat.

Sebelum pemilihan tahap terakhir para calon menjalani fit and proper test dari Kemendikbud Ristek secara online.

Setiap calon Direktur Polimdo wajib memaparkan visi dan misi secara terbuka, juga para audiens diberi kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para calon direktur.

Direktur Polimdo, Dra Maryke Alelo MBA, menegaskan bahwa siapapun yang terpilih diharapkan mampu menghadapi tantangan besar dan membawa Polimdo kearah yang lebih baik.

“Kita semua telah bekerja dan berusaha. Sisanya, saya serahkan kepada Tuhan,” singkat Alelo.

Sementara pemilik suara kedua terbanyak Dr Tineke Saroinsong SST MEng mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh semua pihak.

“Puji Tuhan tahapan pemilihan Direktur Polimdo sudah sampai pada penjaringan 3 besar. Saya bersyukur masuk 3 besar. Mendapat 5 suara senat, Tuhan sudah menuntun proses ini dengan keajaiban yang luar biasa,” ucapnya.

“Tentunya saya sangat berterimakasih kepada Tuhan, dan berterimakasih kepada pendukung saya, baik senat yang memberikan suara, maupun dosen dan pegawai juga cleaning service dan satpam yang mendoakan saya,” ujar Saroinsong.

Ia berharap proses pemilihan Direktur Polimdo berjalan lancar dan sukses.