JELAJAHSULUT.COM– Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado pada tahun ini genap berumur 39 tahun. Peringatan Dies Natalis kali ini ikut diisi dengan beragam kegiatan, antara lain dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Desa Maen Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dipilih menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan yang dipimpin langsung oleh Direktur Prof. D.Tech.Sc. Ir. Markus T. Lasut, MSc.,IPU bersama Wakil Direktur (Wadir) I, Wadir II, serta diikuti oleh Koordinator Program Studi (Korprodi) S2 dan S3 bersama civitas akademika Pascasarjana Unsrat, Sabtu (24/8/2024).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dipusatkan di kompleks Gereja Bethani, Desa Maen, dengan melakukan kegiatan pengobatan gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari seluruh komponen masyarakat Desa Maen.

Dalam sambutannya pada acara kegiatan itu, Direktur Pascasarjana mengatakan, Salah satu tugas Tridharman Perguruan Tinggi adalah Pengabdian pada Masyarakat.

“Sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam rangka Dies Natalis ke-39 Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, kami mengadakan pengabdian pada masyarakat di Desa ini,” ujar Prof. Markus, sapaan akrab Guru Besar ini.

Direktur menyebut, tegiatan itu berhasil terselenggara karena kerjasama yang baik antara Pascasarjana Unsrat dengan pihak Pemerintah Desa Maen bersama toko-toko lintas Agama yang ada di Desa Maen Kecamatan Likupang Timur.

Meski kegiatannya dipusatkan di komplek Gereja Bethani, hal itu tidak menyurutkan semangat warga dari berbagai latarbelakang agama, yang sebagian besarnya adalah kelompok lansia itu, untuk hadir mengikuti kegiatan permeriksaan kesehatan dan pengobatan.

“Perlu diketahui, Dokter yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah mahasiswa maupun alumni Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2) serta dari Lukas Ministry,” ungkapnya.

Usai kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan pada masyarakat, rombongan Pascasarjana ikut menyempatkan diri berkunjung dan bersilahtutrahmi dengan Iman Mesjid Al-Ridwan Desa Maen.

Ketua panita Dies Natalis ke-39 Dr. Eng. Ir. Steeva G. Rondonuwu, ST.,M.Agr mengatakan, dalam rangka Dies Natalis Ke-39, Pascasarjana juga akan melakukan pancanangan zona integritas.

Pencanangan ini menjadi bukti komitmen Pascasarjana dalam meneggakan institusi yang bebas korupsi, menolak pungli dan gratifikasi.