JELAJAHSULUT.COM-Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard Sualang, menyambut kedatangan Komisi IX DPR RI yang melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Manado.

Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua Komisi IX, Felly Estelita Runtuwene, dan berlangsung di Aula BKPSDM Kota Manado pada Rabu (17/07/24).

Dalam kesempatan tersebut, dr. Richard Sualang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian dan kunjungan dari Komisi IX DPR RI. Menurutnya, kunjungan ini menunjukkan kepedulian yang besar terhadap isu kesehatan, terutama stunting di Kota Manado.

“Kami telah melaksanakan berbagai program di bidang kesehatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Komisi IX DPR RI. Terutama dalam percepatan penurunan stunting, kami telah menggunakan Sensus Kesehatan Indonesia (SKI) untuk mengukur keberhasilan program ini,” jelas Sualang.

Megahmark

LAPOR, Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang, dr. Richard Sualang saat melaporkan keberadaan berbagai fasilitas kesehatan di Kota Manado (ist)

Ia menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil antara metode pengukuran SKI dan Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (PPGBM) yang sebelumnya digunakan. “Kami melihat adanya kenaikan angka stunting karena metode pengukuran yang berbeda ini, sehingga kami memerlukan dukungan dan masukan dari Komisi IX DPR RI untuk mengatasi hal ini,” ujar Sualang.

Sualang juga melaporkan keberadaan berbagai fasilitas kesehatan di Kota Manado, termasuk rumah sakit tipe A hingga tipe C, 60 klinik bersertifikasi Pratama, serta 16 puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan. “Manado sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Utara memiliki berbagai fasilitas kesehatan yang mendukung, namun kami tetap memerlukan bantuan kebijakan dan perundang-undangan dari DPR RI untuk meningkatkan pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Usai penyampaian laporan dari Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang, dilanjutkan dengan rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Pemkot Manado yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IX, Dr. Hj. Nihayatul Wafiroh, M.A. Rapat ini juga dihadiri oleh staf ahli bidang ekonomi kesehatan, Desa Bayu Tedja Muliawan, Direktur Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan, dr. Aswan Musna, M. Kes, serta staf ahli menteri bidang politik dan kebijakan publik, Ir. Ismail Pakaya.

Dari jajaran Pemkot Manado, hadir Asisten I Ato Bulo, Kadis Tenaga Kerja Paul Sualang, dan Kepala BPBD Donald Sambuaga. Pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi dan dukungan konkret dari Komisi IX DPR RI untuk percepatan penurunan stunting serta peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Manado