JELAJAHSULUT.COM-Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dikenal sebagai daerah yang memiliki beragam potensi. Baik dari segi sumber daya manusia, panorama alamnya dan hasil bumi seperti kopra dan cengkih, holtikultura serta potensi lainnya. 

Selama kurun waktu 10 tahun, kabupaten ini pernah dipimpin oleh seorang perempuan berparas cantik. Dia adalah Christiany Eugenia Paruntu Bupati Minsel periode 2010-2015 dan 2016-2021.

Melalui tangan dingin Christiany Eugenia Paruntu, Minsel menjelma menjadi salah satu kabupaten termaju di Indonesia.

Tetty Paruntu bekerja keras demi mensejahterakan warga Minsel yang tinggal di 17 kecamatan, 167 desa dan 10 kelurahan. Berbagai program pro rakyat pun lahir dari wanita yang berlatar belakang sebagai pengusaha ini.

Prestasi yang patut dibanggakan diantaranya Kecamatan Modoinding yang menjadi sentra holtikultura nomor 1 di kawasan Indonesia Timur dan nomor 9 di nusantata.

Jalan Trans Sulawesi yang dulunya sempit, berkat lobi ke pemerintah pusat menjadi dua lajur. Belum lagi tingkat kemiskinan yang turun tahun demi tahun dan indeks pembangunan manusia (IPM) yang nilainya terus meningkat saat itu.

Kabupaten Minsel juga sudah memiliki Jalan Boulevard di Amurang. Sebuah perusahaan gas Indonesia Timur ini juga nyaman berinvestasi di Minsel dengan mendirikan depot gas elpiji di Desa Teep, Kecamatan Tenga.

Seabrek penghargaan juga berhasil direngkuhnya secara personal atau atas nama Kabupaten Minsel 

Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pernah mengganjar Satya Lencana Wira Karya pada awal tahun 2014 lalu bagi putri sulung pasangan Alm Prof Dr Ir Jopie Paruntu dan Jenny Johana Tumbuan.

Tahun 2015, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga menganugerahi Satya Lencana Pembangunan bagi Ketua Golkar Sulut ini. Tetty Paruntu juga mendapat Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Jokowi. 

Bupati wanita pertama Kabupaten Minsel ini pernah diganjar Universal Health Coverage Awards (UHC Award) dari Istana Negara. Ia dinilai berhasil menjamin masyarakatnya untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Kementrian Perhubungan RI juga menganugerahi Kabupaten Minsel award Wahana Tata Nugraha.  

Tahun 2019 lalu, Minsel juga meraih penghargaan Swasti Saba Padapa atau penghargaan “Kabupaten/Kota Sehat” dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Masih banyak lagi prcestasi gemilang yang pernah diraih oleh perempuan murah senyum ini.

Tapi dalam berbagai kesempataan saat itu, Tetty Paruntu berkata bahwa itu semua berkat kerja keras warga Minsel. 

Wanita yang pernah dinobatkan sebagai kepala daerah tercantik se-Indonesia itu, kini menatap jauh ke depan untuk membangun Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Tetty Paruntu berpeluang diusung oleh Partai Golkar, Gerindra, Nasdem dan PSI.