JELAJAHSULUT.COM-Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri menerima kunjungan Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Dra Mareyke Alelo bersama jajarannya pada Jumat, 11 Agustus 2023 pekan lalu.

Pertemuan tersebut dalam rangka penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang pengembangan pendidikan, penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan sumber daya manusia.

Baik Pemkot Bitung dan Polimdo akan bersepakat bersama ruang lingkupnya meliputi, Pendidikan dan Pelatihan, Penelitian, Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Kemudian Peningkatan Sumber Daya Manusia, Pengabdian Kepada Masyarakat, Pertukaran Informasi, Publikasi dan hasil – hasil Penelitian, Tenaga Ahli.

Pemanfaatan Sarana dan Prasarana untuk Kegiatan yang bermanfaat kedua belah pihak, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Beasiswa bagi Mahasiswa Kurang Mampu dan Magang atau Program Kampus Merdeka lainnya dengan durasi paling sedikit 1 (satu) semester penuh.

Walikota Bitung Maurits Mantiri menerima dengan begitu baik rombongan dari Polimdo, dan menjelaskan kodisi tentang Sumber Daya Manusia di Kota Bitung.
Walikota berharap bagaimana Investasi SDM di Bitung menjadi program prioritas Pemerintah Daerah.

90 mahasiswa dapat beasiswa

Dalam pertemuan tersebut juga dilaksanakan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) atau Perjanjian Kerjasama.

Dalam MoA secara khusus Walikota Bitung memberikan Bea Siswa dalam bentuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada mahasiswa tahun akademik 2023/2024 yant tidak mampu yang berasal dari kota Bitung .

Terdata ada sekitar 90 mahasiswa baru yang telah lulus dan sudah memenuhi syarat sebagai mahasiswa di Polimdo.

Selanjutnya Dinas Pendidikan Kota Bitung akan menetapkan 90 mahasiswa ini sebagai penerima beasiswa

Direktur Polimdo Dra Marke Alelo MBA berharap juga dukungan dari pemerintah Kota Bitung, untuk pengembangan pendidikan tinggi vokasi di Sulawesi Utara secara khusus Polimdo.

“Kami tahu ada begitu banyak dunia usaha dan dunia industri yang ada di Kota Bitung. Maka dengan kerjasama ini dapat menjalin hubungan yang nantinya menghasilkan lulusan lulusan yang bisa memenuhi kebutuhan industri,” kata Mareyke Alelo.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung dan Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Susi A Marentek SE MSA.