JELAJAHSULUT.COM-Perpustakaan merupakan jendela dunia.  Masyarakat bisa mengetahui dan memahami perkembangan jaman melalui membaca.

Dengan gemar membaca akan menambah pengetahuan seseorang. Mereka yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, mereka yang sudah tahu menjadi lebih pintar.

Demikian penyampaian Wakil Bupati Talaud,Moktar Arunde Parapaga dusai mengunjungi Perpustakaan Nasional RI, baru baru ini.

Parapaga mengatakan, salah satu upaya menumbuhkan minat baca dan literasi masyarakat di Kabupaten Talaud adalah dengan adanya gedung perpustakaan umum daerah. 

“Dengan adanya fasilitas ini pemerintah berharap Kabupaten Talaud mampu meningkatkan kegemaran, minat, budaya baca masyarakat,” ucapnya yang saat itu bersama Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan, Martji Leong Parapaga, SKep, Ns, MMKes

Selanjutnya peresmian gedung perpustakaan di Bumi Porodisa akan dilaksanakan bertepatan dengan HUT Daerah Kabupaten Talaud pada 2 Juli mendatang.

Dalam hal ini pembangunan perpustakaan di Talaud bersumber dari DAK Tahun 2022 yang sudah berhasil pembangunannya.

“Mewakili Bupati Talaud Dr dr Elly Engelbert Lasut ME, kami telah berkonsultasi dengan Kepala Perpustakaan Nasional, Sestama dan para Deputi. Telah disepakati waktu peresmian dan penggunaan gedung perpustakaan akan diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando dan Sekretaris Utama Dra Ofy Sofiana MHum bersama deputi,”jelasnya.

Oleh karena itu Parapaga menambahkan, akan ada seminar menghadirkan penggiat pustakawan, literasi  akedemsi, LSM. Toko masyarakat, mahasiswa dan siswa jumlahnya kurang lebih 150 orang termasuk guru.

Pada akhirnya ini dalam rangka peningkatan minat baca dan literasi bagaimana kita mengenal perkembangan dunia pengetahuan yang lebih detail.

“Peningkatan kemampuan, kecerdasan, SDM dan daya saing masyarakat Indonesia,”pungkasnya.(vil)