Rio Dondokambey

JELAJAHSULUT.COM-Kabar mengejutkan datang dari Rio Dondokambey.

Putra sulung Gubernur Sulut Olly Dondokambey itu, menyatakan tak lagi akan ikut pertarungan sebagai Ketua KNPI Sulut Periode 2023-2026.

Hal tersebut disampaikan Rio di sela-sela acara pembukaan Musda XV KNPI Sulut di Hotel Mercure Tateli, Kabupaten Minahasa, Rabu (7/6/2023).

“Saya sudah tidak mendaftarkan diri lagi. Saya berharap Ketua terpilih nanti tetap bisa melanjutkan tugas KNPI sebagai wadah organisasi yang ada di Sulut,” ungkap Ketua KPP Sinode GMIM.

Rio menjelaskan dirinya tidak melanjutkan karena sejarah KNPI hanya satu periode dan ini bagian regenerasi. Karena roda selalu berputar.

Kepada Ketua KNPI yang baru harus lebih bijak dan bisa merangkul semua organisasi yang ada di Sulut. Juga bisa mengambil keputusan dalam perbedaan yang ada,” harapnya.

Dia juga memberikan saran kepada pemuda dan pemudi yang terlibat dalam organisasi kepemudaan menjadi mitra pemerintah memberikan kritik membangun.

“Pemuda menjadi pemikir efisien untuk memberikan kritik membangun. Jangan berhadapan dengan pemerintah. Kita memberikan masukan pemerintah bukan mengawal pemerintah,” pungkasnya.

Di satu sisi dalam sejarah perjalanan KNPI Sulut hanya Jackson Andre William Kumaat yang menjabat sebagai Ketua KNPI Sulut selama 2 periode. Dia memimpin KNPI dalam periode 2013-2016 dan 2016-2019.