JELAJAHSULUT.COM-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Manado bersama Kelurahan Teling Bawah melaksanakan sosialisasi terkait BPJS Kesehatan Mandiri, di Kantor Kelurahan Teling Bawah, Selasa (25/10).

Kegiatan sosialisasi dihadiri langsung oleh pihak BPJS Kesehatan, Lurah Teling Bawah Edwin Matheos, Staff Kelurahan, Kepala Lingkungan dan puluhan masyarakat setempat.

Lurah Teling Bawah, Edwin Matheos mengatakan, Pemerintah memiliki peran penting dalam menjamin warga masyarakat dalam progam BPJS Kesehatan.

Disamping itu, pemerintah juga memiliki kewajiban untuk pembinaan dan pengawasan dalam masyarakat serta bertanggungjawab memastikan semua perangkat kelurahan  terdaftar dalam Progam Jaminan Kesehatan.

“Sosialisasi ini bukan sekedar ajang kumpul tetapi juga adanya informasi dari BPJS terutama dalam hal pembayaran iuran BPJS Kesehatan Mandiri bisa dibayar cicil melalui aplikasi mobile JKN,”ujarnya.

Sementara, Yiyin Onggi Staff KPP BPJS Kesehatan Manado sebagai narasumber mengatakan, sebagai upaya memberikan kemudahan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam semangat tunggakan, BPJS Kesehatan menghadirkan Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB).

Sosialisasi BPJS Kesehatan

“Melalui Program REHAB tersebut, peserta Program JKN-KIS dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165. Untuk pendaftaran melalui JKN Mobile, nantinya akan muncul simulasi tagihan pembayaran bertahap sesuai dengan pemilihan jangka waktu pembayaran yang dipilih oleh peserta,”imbuhnya.

Selain itu, ada juga pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165 hingga aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh langsung melalui smartphone masing-masing peserta.(vil)