JELAJAHSULUT.COM-Wasit sepak bola asal Indonesia mendapat tempat istimewa di mata FIFA. Dalam rilis FIFA Januari Tahun 2022, Indonesia menempatkan 14 putra terbaiknya sebagai wasit internasional.

Ke-14 nama tersebut tercantum di website resmi FIFA yakni FIFA 2022 Refereeing International List.

Dalam rilis tersebut Indonesia tercatat memiliki 5 orang Wasit FIFA, 7 orang Asisten Wasit FIFA dan 2 orang Wasit Futsal FIFA.

Namun yang bagi istimewa bagi Sulawesi Utara. Ada satu nama wasit yang berasal dari daerah ini. Dia adalah Sance Lawita.

Dikutip dari Facebook Bola Manado Wasit asal Asosiasi Provinsi PSSI Sulawesi Utara tersebut memiliki karir wasit yang sangat melejit. Mengawali karir di kompetisi-kompetisi lokal seperti memimpin Liga 3 Sulut, Piala Soeratin.

Porprov hingga turnamen level tarkam, Sance sangat setia menjalankan tugasnya sebagai pengadil jalannya pertandingan.

Sance yang berasal dari ujung utara Indonesia yaitu Kepulauan Talaud juga merupakan seorang anggota prajurit TNI AD. Memiliki postur yang tinggi tegap.

Sance mulai menapaki karir perwasitan di level nasional dengan memimpin laga-laga Liga 2 pada musim 2018-2019.

Selanjutnya Sance menjadi wasit terbaik di Liga 2 kala itu menjadi wasit yang mengujicobakan perangkat komunikasi dalam sebuah pertandingan resmi di Indonesia.

Tahun berikutnya Sance “naik kelas” dan mulai memimpin laga-laga Liga 1 hingga saat ini. Sance juga pernah memimpin pertandingan cabang sepakbola di PON Papua 2020.

Awal Januari 2022 ini Sance telah resmi menerima badge FIFA Referee dan telah menggunakannya di dada jersey wasit pada pertandingan-pertandingan Liga 1 musim 2021/2022 Putaran Kedua seri 4 dan 5 di Bali.

Hari ini juga akan menjadi debut Sance dalam memimpin laga resmi internasional dalam FIFA International Matchday pertandingan antara Indonesia vs Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pukul 20.00 WITA.