Dari sisi volume, Pelabuhan Labuhan Uki merupakan pelabuhan muat terbesar di Sulut pada bulan April 2021. Sebanyak 59,43 persen barang ekspor dikirim melalui pelabuhan muat ini.

Komoditas ekspor yang dikirim dari pelabuhan ini adalah Garam, Belerang, Kapur dengan negara tujuan Tiongkok dan Philipina. Dibandingkan dengan bulan Maret 2021 (m-to-m), volume ekspor di Labuhan Uki mengalami peningkatan sebesar 5,80 persen.

Adapun dari sisi volume impor Sulut pada April 2021, salah satu negara pemasok yang memiliki volume terbesar adalah Tiongkok. Berat mencapai 1.741,33 ton atau 88,72 persen dari total berat impor dengan komoditi terbesar yang diimpor mesin-mesin/pesawat mekanik, besi dan baja.

Malaysia Negara Pemasok Kedua Terbesar

Selain itu, negara pemasok terbesar kedua berdasarkan volumenya adalah Malaysia dengan berat 81,52 ton atau sebesar 4,15 persen dari total berat impor. Komoditi yang diimpor adalah lemak minyak hewan/nabati.

Dilihat menurut golongan barang, mesin-mesin/pesawat mekanik menjadi kontributor terbesar terhadap nilai impor Sulut pada April 2021.