Memanfaatkan kembali kertas/dokumen yang salah cetak, untuk membuat produk-produk lainnya, misalnya pencetakan konsep surat, dibuat notes/buku corat-coret, atau bahkan dimanfaatkan untuk cover buku/hard cover

Selanjutnya Efisiensi Penggunaan Energi dan Air serta mendorong penggunaan Renewble Energy. Efisiensi Penggunaan Energi Listrik. Menggunakan Lampu Hemat Energi. Mengatur Pencahayaan dan Ventilasi Ruangan.

Mematikan Perangkat Elektonik yang sudah tidak terpakai yakni Efisiensi Penggunaan Air dan Mematikan keran air setelah digunakan Pembuatan Biopori

Penambahan Daerah Tutupan Lahan
Kabupaten Minahasa Utara bekerja sama dengan PT. Tirta Investama Airmadidi (Aqua) dalam penetapan dan pengelolaan Taman Keanekaragaman Hayati Kaki Dian Airmadidi. Taman Kehati ini memiliki luas 3,6 Ha dan merupakan bagian dari ekosistem Gunung Klabat.
Taman Kehati memiliki tujuan sebagai tempat koleksi tumbuh-tumbuhan, sarana pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan ekowisata, ruang terbuka hijau serta penambahan tutupan vegetasi.

Program Kampung Iklim
Tahun ini Kabupaten Minahasa Utara melakukan pembinaan terhadap 3 desa untuk mengikuti Program Kampung Iklim (Proklim) yaitu Desa Sawangan, Laikit, dan Kahuku.

Program ini bertujuan untuk melakukan aksi nyata terhadap mitigasi dan adaptasi untuk penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dalam menghadapi perubahan iklim`.

Terakhir Tim Tanggap Sampah Daerah
Tim Beranggotakan 15 Orang
Dibentuk untuk mengantisipasi laporan masyarakat, media bila terdapat timbulan sampah yang belum tertangani